News

Milenial merupakan golongan generasi muda yang memiliki kepedulian, idealisme dan energi yang besar untuk belajar tentang hal-hal baru dan untuk melakukan perubahan, melalui beragam program dan metode yang kreatif.  Hal ini menuntut setiap dari kita untuk senantiasa mempertanyakan status quo, mencari cara-cara baru untuk hasil yang lebih efektif dan efisien.

Sementara itu, sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia telah tumbuh menjadi negara yang memiliki peran strategis dari sisi kekuatan pasar dan peningkatan konsumsi . Sejalan dengan keberhasilan ekonomi yang dicapai Indonesia dalam beberapa dekade terakhir serta pertumbuhan populasi yang saat ini telah mencapai lebih dari 260 juta berimbas kepada menurunnya kualitas lingkungan.

Berbekal visi Growing for Good, selain mempersembahkan produk yang aman dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia melalui pertumbuhan (Grow) bisnisnya, Suntory Garuda Beverage (SGB) senantiasa memberikan kontribusi baik (Good) kepada masyarakat dan lingkungan. Bersama dengan salah satu sekolah unggulan di Bandar Lampung, SMA Negeri 9 Bandar Lampung dan SGB membuka Taman Edukasi Lingkungan. Di taman yang terletak di dalam area sekolah ini disediakan instalasi Panen Air Hujan, Biopori sebagai salah satu metode pengolahan sampah organik dan Area Hijau seluas tak kurang dari 300 m2 yang dapat digunakan para siswa untuk belajar, membaca maupun mengambil foto berlatar cantik atau lebih tenar dengan istilah instagrammable photo spot.

Melengkapi Taman Edukasi Lingkungan, dalam rangka Hari Pahlawan, SMA Negeri 9 Bandar Lampung dan SGB juga mengadakan kegiatan bertajuk Hero for GOODness yang melibatkan siswa dan guru untuk bersama membuat biopori, dilanjutkan dengan kelas pelatihan intensif mengenai Panen Air Hujan bersama Profesor Agus Maryono dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang dikenal sebagai pelopor dan ahli pemanenan air hujan serta konservasi air di Indonesia yang bahkan sudah mendapat pengakuan dan undangan dari berbagai negara untuk menjadi pembicara dengan topik serupa.

“Usaha pelestarian air bersih dan lingkungan membutuhkan keaktifan dan kerjasama dari semua pihak. Manusia harus mampu menjadi pengayom lingkungan.  Taman Edukasi Suntory merupakan cara baru untuk memberikan pendidikan lingkungan kepada siswa dengan cara langsung yang kreatif dan mudah dipahami,” ujar Drs. H. Suharto, M.Pd, Kepala SMA Negeri 9 Bandar Lampung pada pidato pembukaannya.

Charles A.Rossi, Presiden Direktur PT. Suntory Garuda Beverage mengatakan: “Sebagai perusahaan terkemuka untuk minuman dalam kemasan, pelestarian air bersih termasuk sumbernya sangat penting bagi kami. Program konservasi air ini mencerminkan filosofi perusahaan "Mizu To Ikiru – atau secara harafiah dapat diartikan, “Hidup dengan Air", yang maknanya lebih dari sekedar memproduksi berbagai produk minuman yang ramah lingkungan. Kami yakin dengan edukasi, infrastruktur/fasilitas dan kemitraan, bersama kita dapat berkontribusi pada usaha pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.”

Melalui gerakan Taman Edukasi Lingkungan ini siswa di bimbing dan diajarkan untuk mengenali manfaat menanam pohon, membuat biopori serta mempelajari alur kerja Panen Air Hujan untuk dapat dipraktekkan di lingkungan masing-masing. Praktek ini juga membimbing siswa untuk memahami bahwa untuk menjaga alam ini bisa dilakukan dari hal-hal kecil namun memiliki dampak yang sangat penting.

 

Tentang Suntory Group

Suntory Group adalah salah satu perusahaan produk konsumen terkemuka di dunia, dengan pendapatan tahunan (tidak termasuk pajak cukai) sebesar $ 19,6 miliar *. Kami menawarkan portofolio beragam produk minuman unik yang dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia, dari minuman favorit kasual Orangina, Lucozade, Ribena, TEA plus, BOSS coffee, Iyemon tea, dan Suntory Tennensui water. Suntory juga memproduksi produk-produk kesehatan dan mengoperasikan bisnis bunga dan tanaman hias. * Pada 2018.

Berdiri sebagai bisnis keluarga pada tahun 1899 di Osaka, Jepang, Suntory Group telah berkembang menjadi perusahaan multi-nasional, dengan daerah operasional di seluruh Amerika, Eropa, Asia dan Oseania. Kami didorong oleh semangat Yatte Minahare dan 39,466 karyawan kami di seluruh dunia memanfaatkan perpaduan unik dari Japanese Artisanship dan selera global untuk mengeksplorasi kategori produk dan pasar baru. Suntory Group berkomitmen terhadap janji pendiri kami untuk hidup berdampingan dengan manusia dan alam: melindungi sumber daya air, memelihara komunitas, dan mengembangkan seni. Suntory percaya kami tumbuh untuk kebaikan bersama ketika kita tetap setia pada diri kita sendiri dan mengejar jalan yang diharapkan oleh alam.

 

Tentang Suntory Garuda Beverage

Suntory Japan, sebuah grup perusahaan minuman ringan global, dan Garuda Food, salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia  melakukan  joint venture dan membentuk Suntory Garuda Beverage (SGB) pada tahun 2011.  Joint venture ini dimaksudkan untuk mencapai posisi kepemimpinan dalam kategori minuman ringan di Indonesia dan menciptakan peluang pertumbuhan baru dengan memperluas portofolio minuman dan berbagai inovasi di masa depan.

SGB menawarkan beragam portofolio minuman, mulai dari minuman jelly OKKY; teh siap minum Mountea; teh botol MYTEA dan air rasa kebaikan alami- Good Mood.  Okky memiliki beberapa produk yaitu Okky Jelly Drink, Okky Jelly Drink Big, Okky Koko Drink, Okky Koko Drink Xtra dan produk inovatif terbaru Okky Flurry, es krim yang dapat diminum. Okky mendukung anak-anak Indonesia untuk senantiasa ceria dan aktif, salah satunya melalui sepakbola.

Di masa mendatang, perusahaan senantiasa mengembangkan dan memperkenalkan inovasi minuman dan penawaran baru dari Suntory kepada konsumen Indonesia.


Sejalan dengan filosofi Suntory Group "Mizu To Ikiru" SGB memperluas dan memperkaya program CSR dan Sustainability, dengan fokus pada tiga bidang: sosial, lingkungan dan tata kelola. Pada bulan Februari 2019, SGB memulai program pilot Suntory "Mizuiku" yang mengajarkan generasi muda mengenai pentingnya air bersih dan pelestarian sumber daya air. SGB akan terus berusaha untuk memperkaya kehidupan konsumen dengan mengembangkan produk-produk baru yang inovatif, membagikan nilai-nilai kami, membawa manfaat bagi karyawan dan mitra bisnis kami,serta memberikan kontribusi kepada masyarakat tempat kami melakukan bisnis.

SGB saat ini mengoperasikan 8 fasilitas manufaktur yang berlokasi di Tangerang, Gunung Putri, Pati, Sidoarjo, Lampung, Pekanbaru, Gowa dan Banjarbaru.


Tentang SMA Negeri 9 Bandar Lampung

SMA Negeri 9 Bandar Lampung terletak di jalan Panglima Polem No. 18, Kota Bandarlampung, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kelurahan Segalamider. Dengan jumlah peserta didik mencapai 1167 orang pada TA 2019/2020 serta lebih dari 50 orang tenaga pendidik dan luas area kurang lebih 4 HA, SMA Negeri 9 Bandar Lampung merupakan salah satu SMA terbaik dan terpilih di Bandar Lampung. Memiliki visi untuk menjadi yang terdepan dalam ImTaq dan IpTek, lingkungan asri dan berwawasan global, SMA Negeri 9 Bandar Lampung menyediakan beragam pilihan ekstrakurikuler bagi siswa serta kerap mencatatkan prestasi dalam beragam perlombaan pendidikan, kesenian dan olahraga. SMA Negeri 9 Bandar Lampung memiliki komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap alam dan lingkungan.