News

Di hari pertama tahun 2020 Jabodetabek dilanda hujan lebat dengan intensitas tinggi, menyebabkan banjir dan longsor yang menimpa area Jakarta dan sekitarnya, termasuk Depok, Bekasi, Tangerang dan Banten. Lebih dari 173,000 warga terpaksa mengungsi dengan kehilangan yang besar karena kendaraan, rumah, sekolah dan jembatan yang hanyut oleh derasnya arus banjir bandang.

Banjir ini merupakan salah satu bencana banjir paling besar di Jakarta sejak beberapa puluh tahun terakhir. Tanpa persiapan, banjir menyebabkan kerugian moril dan materiil yang tak terhingga. Selain memberikan bantuan kepada sejumlah karyawan yang rumahnya terkena banjir, SGB juga mengadakan kampanye pengumpulan dana untuk memberi pertolongan bagi para korban banjir dan tanah longsor. Suntory Beverage and Food Asia (SBFA)  segera memberikan dukungan dan meminta SGB untuk menolong karyawan serta masyarakat yang membutuhkan

Beberapa daerah yang terkena bencana mendapatkan bantuan dengan cepat, baik dari Pemerintah maupun swasta. Namun adapula daerah yang karena akses maupun kurangnya publikasi, belum mendapatkan bantuan yang dibutuhkan. Salah satunya di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten yang menderita banjir bandang dan longsor.  Tak kurang dari 1,600 rumah di Kecamatan Lebak, Propinsi Banten menderita kerusakan parah. Banjir melanda dan membawa serta seluruh rumah, pakaian dan kebutuhan sehari-hari mereka.

Banjir bandang dan longsor terparah, menurut Badan Penanggulangan Daerah Bencana di Lebak, terjadi di desa Lebak Gedong karena letaknya yang berdekatan dengan lokasi penambangan liar di kaki Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNHGS) dan sungai Ciberang. Tim SGB berangkat ke lokasi bencana di Lebak Gedong pada awal Februari 2020 dan memberikan bantuan berupa penggantian karpet bagi sejumlah masjid yang terendam banjir, paket sepatu dan tas sekolah, sejumlah sepatu boot bagi relawan Palang Merah Indonesia setempat, lampu penerangan, serta pengobatan gratis bagi ratusan siswa SD.

Bantuan yang diberikan dengan tulus ini disambut dengan sangat baik oleh Pemerintah serta masyarakat. Media lokal juga mengapresiasi tindakan nyata SGB dalam memberikan bantuan. Kami berharap dukungan ini dapat membantu meringankan beban saudara kita di Lebak selama masa sulit ini. Terima kasih atas dukungan dan cinta dari seluruh Suntory Group sehingga bersama-sama kita bisa Memberi Kembali kepada Masyarakat dan menjalankan nilai-nilai yang diwarisi dari pendiri kami, Shinjiro Torii.