News

Hari Guru Internasional: Suntory Beverage and Food (SBF) bersama KemendikbudRistek RI Meresmikan Pusat Pelatihan Guru dan Melaksanakan Pelatihan Kepala Sekolah

Sebagai upaya nyata mendukung pendidikan anak-anak di Kota Palu pasca bencana tsunami yang melanda empat tahun silam, Suntory Beverage and Food (SBF) membangun Pusat Pelatihan Guru untuk mendukung Pembelajaran Ramah Anak 

Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia, 5 Oktober 2022 – Suntory Beverage and Food (SBF) bersama Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik Indonesia (KemendikbudRistek RI) dan Dinas Pendidikan Kota Palu meresmikan Pusat Pelatihan Guru yang berlokasi di SDN Inpres 2 Tondo, Palu, Sulawesi Tengah. Pada peresmian tersebut, berlangsung juga Pelatihan Kepala Sekolah dengan konsep training of trainers bertajuk Pembelajaran Ramah Anak yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu beserta jajaran UPTD dan tak kurang dari 150 kepala sekolah dasar dari empat koordinator wilayah Kota Palu

Neeraj Goyal, Chief Executive Officer Suntory Garuda Beverage (SGB), anak perusahaan Suntory Beverage and Food (SBF) di Indonesia mengatakan, “Sejalan dengan visi Grup Suntory yaitu Growing For Good, kami berkomitmen untuk senantiasa membagikan manfaat baik kepada masyarakat dan lingkungan dimana kami beroperasi, salah satunya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) tanggap bencana. Dengan dukungan penuh dari pemerintah lokal di Kota Palu, pada bulan November 2019 kami telah memberikan dukungan dalam bentuk beasiswa pendidikan dan pembangunan Ruang Belajar Anak. Melanjutkan dukungan tersebut, Suntory membangun Pusat Pelatihan Guru sebagai bentuk dukungan Suntory untuk pengembangan guru sebagai jantung pemulihan pendidikan. Setiap peserta didik harus memiliki akses yang luas ke guru yang berkualitas.”

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi inisiatif dari Suntory Beverage and Food (SBF) untuk mendukung pengembangan pendidikan dan generasi muda di Indonesia, salah satunya melalui pembangunan Pusat Pelatihan Guru yang kita resmikan pada pagi ini. Pelatihan dan pembelajaran merupakan proses yang berkesinambungan, yang perlu terus dilakukan. Karena itu, saya mengundang para kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan untuk menggunakan Pusat Pelatihan Guru ini semaksimal mungkin untuk kegiatan pelatihan, diskusi, rapat kerja dan kegiatan lainnya yang tentunya akan mengasah kemampuan mengajar, meningkatkan kolaborasi, dan memperluas kapasitas guru.” pesan Zulkifri Anas, M.Ed., Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek RI pada peresmian Pusat Pelatihan Guru Suntory yang berlangsung onsite di Kota Palu dan bertepatan dengan peringatan empat tahun bangkitnya masyarakat Palu dari tsunami yang melanda.

Dibangun di atas lahan seluas 100m², Pusat Pelatihan Guru Suntory dilengkapi ruang kerja minimalis, ruang rapat guru, laptop, koneksi Internet, fasilitas meeting online (mis. Microsoft Teams), modul-modul mengajar topik pelestarian air bersih dan lingkungan, buku-buku penunjang, berikut ATK, meja dan kursi sebagai fasilitas standar operasional kantor. Fasilitas-fasilitas tersebut tersedia untuk mendukung pengembangan guru. Pusat Pelatihan Guru ini merupakan hibah dari Suntory kepada Dinas Pendidikan Kota Palu sebagai aksi kepeduliannya untuk mendukung bangkitnya masyarakat Palu, khususnya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pasca dilanda bencana tsunami dan likuifaksi tahun 2018. Dipilihnya lahan di SD Negeri Inpres 2 Tondo dilakukan setelah Human Initiative (HI) selaku mitra yang ditunjuk oleh Suntory, melakukan asesmen lalu akhirnya bersama Dinas Pendidikan Kota Palu dan Suntory, menetapkan tempat dibangunnya gedung Pusat Pelatihan Guru tersebut.

“Kami di Dinas Pendidikan Kota Palu sangat berterima kasih untuk Pusat Pelatihan Guru yang diberikan oleh Suntory Beverage and Food (SBF), serta Pelatihan Kepala Sekolah yang diadakan hari ini, karena sangat selaras dengan fokus kami untuk bagaimana menumbuhkembangkan kapasitas pendidik agar berhasil memenuhi tujuan ambisius ini untuk memajukan kota dan bangsa”  ujar Hardi, S.Pd., M.Pd. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Palu. “Pengembangan kapasitas guru merupakan tanggung jawab kita bersama. Dewasa ini, tenaga pengajar sedang berubah, dengan proporsi pendidik yang lebih besar dengan pengalaman lima tahun atau kurang. Meskipun beberapa reformis pendidikan memandang hal ini sebagai perkembangan positif, namun di sisi lain sangat penting bagi kita untuk memastikan memperkaya mereka secara berkelanjutan dengan kompetensi pedagogis, konten, dan budaya untuk menghasilkan kualitas pendidikan unggul yang tentunya akan mencetak generasi muda unggul,” tambah Hardi.

“Sebagai salah satu perusahaan minuman ringan paling ternama dan anak perusahaan Suntory Beverage and Food (SBF) di Indonesia, kami sangat bangga dapat berkolaborasi membangun negeri khususnya melalui dunia pendidikan. Kami berharap agar Pusat Pelatihan Guru ini dapat bermanfaat serta materi pelatihan hari ini dapat mendukung peningkatan kapasitas pendidik dan implementasi metode mengajar yang mendukung partisipasi anak serta menjamin pemenuhan hak anak selama berada di satuan pendidikan. Kami berterima kasih kepada KemendikbudRistek RI, Dinas Pendidikan Kota Palu, Kepala SDN Inpres 2 Tondo, dan tentunya mitra pembangunan kami Human Initiative (HI) yang telah memberikan arahan dan dukungan luar biasa hingga terlaksananya projek ini. Ini adalah awal dari kolaborasi yang lebih berdampak lagi bagi kemajuan Indonesia, “terang Evelyn Indriani, Head of Corporate Relation and Communication Suntory Garuda Beverage (SGB) melalui sambutannya pada kegiatan peresmian Pusat Pelatihan Guru dan pelatihan kepala sekolah.

Azi Abdul Aziz, General Manager Institutional Partnership Human Initiative juga mengucapkan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin dengan Suntory. “Sebagai lembaga sosial kemanusiaan yang memiliki semangat untuk terus membangun Indonesia, Human Initiative sangat bangga dapat bergabung dalam proyek pembangunan Pusat Pelatihan Guru dan berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga bersama kita dapat mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi.”

Tentang Suntory Group (Jepang)

Suntory Group adalah salah satu perusahaan produk konsumen terkemuka di dunia, yang menawarkan portofolio beragam produk minuman dalam kemasan, mulai minuman teh, air dalam kemasan, minuman ringan berkarbonasi, kopi siap konsumsi dan minuman penambah energi, serta produk kesehatan dan kebugaran. Suntory adalah produsen minuman ringan Orangina, Lucozade, Ribena, BOSS coffee, Iyemon green tea, Suntory Tennensui water, TEA+ Oolong Tea, V, BRAND’S, serta produk kesehatan dan kebugaran populer merek Sesamin EX.

Berdiri sebagai bisnis keluarga pada tahun 1899 di Osaka, Jepang, Suntory Group telah berkembang menjadi perusahaan multi-nasional, dengan daerah operasional di seluruh Amerika, Eropa, Asia dan Oseania dengan pendapatan tahunan (tidak termasuk bea cukai) $19.8 milyar pada tahun 2021. Kami didorong oleh semangat Yatte Minahare – semangat untuk maju pantang mundur – dan 40.275 karyawan kami di seluruh dunia memanfaatkan perpaduan unik kearifan lokal Jepang dengan rasa yang diterima masyarakat dunia untuk mengeksplorasi kategori dan pasar produk-produk baru.

Sebagai perusahaan yang mempersembahkan kebaikan air dan alam kepada para pelanggan, kami berkomitmen menjaga keharmonisan dan keseimbangan antara manusia dan alam. Senantiasa menginspirasi untuk Bertumbuh untuk Kebaikan, kami bertekad untuk berkontribusi aktif terhadap masyarakat luas melalui perlindungan sumber air bersih, menjaga keharmonisan komunitas dan mengembangkan seni.

Pelajari lebih lanjut mengenai Grup Suntory, merek, dan komitmen kami untuk tanggung jawab sosial di www.suntory.com, juga di Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.

Tentang Suntory Beverage and Food (SBF)

Suntory Beverage & Food Ltd (SBF) adalah perusahaan minuman ringan global dengan pendapatan konsolidasi sekitar $11 milyar pada tahun 2021. Berkantor pusat di Jepang dan terdaftar di Bursa Efek Tokyo sejak 2013, SBF memperluas bisnisnya dengan beragam portofolio minuman ringan dan platform terintegrasi secara global di lima benua: Jepang, Eropa, Asia, Oceania, dan Amerika. Visi SBF adalah untuk selalu berorientasi pada konsumen, menciptakan rasa dan kenikmatan baru, keceriaan, dan menjadi perusahaan lokal yang paling dicintai.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.suntory.com/softdrink

Tentang Suntory Garuda Beverage (SGB)

Suntory Garuda Beverage (SGB) merupakan salah satu perusahaan minuman ringan paling ternama di Indonesia. Perusahaan induk kami adalah Grup Suntory yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang yang merupakan perusahaan multinasional dan pemimpin industri minuman di dunia. SGB memproduksi beragam produk minuman, mulai dari minuman jelly Okky; teh siap minum Mountea; teh dalam botol MYTEA dan air rasa kebaikan alami - Good Mood. Sejalan dengan filosofi Suntory Group "Mizu To Ikiru" SGB memperluas dan memperkaya program CSR dan Sustainability dengan fokus pada konservasi air, pengolahan sampah plastik dan pengurangan emisi CO2, serta memperoleh apresiasi sebagai salah satu pemenang pada Indonesia Top CSR Award 2022. Komitmen kami kepada masyarakat mencakup kegiatan pendidikan seperti edutalk di kampus dan kunjungan pabrik, serta bantuan tanggap bencana dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Pada bulan Februari 2019, SGB memulai program “Mizuiku-Aku Cinta Air Bersih” yang mengajarkan generasi muda mengenai pentingnya air bersih dan pelestarian sumber daya air. SGB akan terus berusaha untuk memperkaya kehidupan konsumen dengan mengembangkan produk-produk baru yang inovatif, membagikan nilai-nilai kami, membawa manfaat bagi karyawan dan mitra bisnis kami, serta memberikan kontribusi kepada masyarakat tempat kami melakukan bisnis.

Tentang Human Initiative (HI)

HI adalah lembaga sosial kemanusiaan yang memiliki semangat untuk terus membangun Indonesia dari beberapa sektor program inti, di antaranya adalah program pemberdayaan masyarakat, perlindungan anak, konstruksi, dan tanggap bencana. HI memiliki visi untuk menjadi organisasi kemanusiaan dunia terpercaya dalam membangun kemandirian.

Kontak Media 

Evelyn Indriani

Head of Corporate Relation and Communication

Mobile: +62 812 8984 6200

Email: evelyn.indriani@suntorygaruda.com

communication@suntorygaruda.com