News

Tahap pertama tahun 2022, akses “Petualangan di Mizu Town” akan tersedia bagi hampir 18.000 murid dari lebih dari 120 sekolah Mizuiku

Sesuai dengan tema Hari Air Sedunia 2022 yaitu pelestarian air tanah (ground water)

Jakarta, Indonesia, 29 Maret 2022 – Suntory Garuda Beverage (SGB) hari ini merilis Intranet “Petualangan di Mizu Town” untuk anak-anak Indonesia. Lewat “Petualangan di Mizu Town” anak-anak diajak bertualang di dunia maya untuk melestarikan air bersih. Hal ini sejalan dengan tema besar Hari Air Sedunia 2022 yang mengangkat tema pentingnya melestarikan air tanah. Untuk memeriahkan Hari Air Sedunia 2022 tersebut, pada hari ini, SGB juga mengadakan FGD dengan 129 sekolah Mizuiku mengenai pentingnya pendidikan bagi pelestarian air bersih sekaligus sosialisasi Intranet “Petualangan di Mizu Town”.

Untuk tahun 2022 ini, akses Intranet “Petualangan di Mizu Town” akan diberikan bertahap kepada hampir 18.000 murid dari lebih dari 120 sekolah Mizuiku yang tersebar di tujuh area di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Sidoarjo, Pati, Bogor, Gowa dan Banjarbaru.

Melalui penanggung jawab di masing-masing sekolah, tiap murid akan mendapatkan username dan password unik agar dapat mengakses Intranet tersebut. Setelah masuk ke dalam Intranet, maka para murid bisa mulai berpetualang.

Diceritakan bahwa Mizu Town dijaga oleh enam peri air yaitu Akuru, Homac, Farku, Riverku, Foreck, dan Iliac. Namun sayangnya mereka telah kehilangan kekuatannya karena terganggunya Daur Air di Mizu Town. Karena itu para murid diberikan misi untuk menyelamatkan para peri dengan cara menjawab kuis untuk mengasah pengetahuan mereka. Lalu mereka juga akan diminta untuk menyelesaikan penelitian sederhana tentang pelestarian air. Dari hasil kuis dan penelitian, mereka akan mendapatkan poin berupa Tetes Air. Tetes Air ini dapat ditukar dengan berbagai hadiah untuk memulihkan Daur Air, seperti pohon, serangga, bebek, cacing, bunga, dan sebagainya, sehingga dapat menolong para Peri Air. “Petualangan di Mizu Town” menyediakan beberapa area untuk dieksplorasi dan harus dikerjakan secara berurutan, yaitu Rumah, Pertanian, Sungai, Hutan, Angkasa, dan Mizu Sky. Ketika anak-anak tiba di area “Hutan” mereka juga akan belajar mengenai pentingnya menjaga fungsi hutan yang memelihara kelangsungan air tanah melalui kuis dan video.

Ong Yuh Hwang, Chief Executive Officer & President Director, Suntory Garuda Beverage, mengatakan, “Kami sengaja memulai dengan area Rumah agar anak-anak dapat dengan mudah belajar bagaimana melestarikan air di rumah masing-masing dengan berbagai aktivitas sederhana. Lalu perlahan-lahan mengajak mereka untuk mengembangkan pengetahuan dan pengamatan mereka di luar rumah. Dengan konsep dan metode pembelajaran daring yang dekat dengan keseharian anak, kami harap ilmu yang mereka dapatkan akan lebih mudah diserap ataupun dipraktekkan. Sehingga mereka tidak merasa sedang belajar tapi bermain di dunia maya. Pencapaian mereka akan dipantau secara berkala oleh guru, fasilitator, dan tim Mizuiku.”

Dra. Lestari Koesoemawardhani, M. Hum., Koordinator Penilaian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, mengatakan, “Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan nyata selama pandemi, diantaranya (1) ketimpangan teknologi antara sekolah di kota besar dan daerah, (2) keterbatasan kompetensi guru dalam pemanfaatan aplikasi pembelajaran, (3) keterbatasan sumberdaya untuk pemanfaatan teknologi Pendidikan seperti internet dan kuota, (4) relasi guru-murid-orang tua dalam pembelajaran daring. Oleh karena itu, kami sangat menghargai bantuan dari Mizuiku lewat Intranet “Petualangan di Mizu Town.” Banyak pengetahuan di berbagai bidang ilmu yang akan diperoleh anak-anak jika memperoleh akses untuk mempelajarinya, jadi kami berharap SGB akan memberikan akses kepada lebih banyak anak-anak Indonesia di masa mendatang.”

Modul pembelajaran Mizuiku dalam format daring seperti “Petualangan di Mizu Town” ini juga merupakan tools yang tepat untuk membantu sekolah-sekolah Adiwiyata memastikan agar pembelajaran materi pelestarian lingkungan dapat terus berjalan selama pandemi. Sekaligus turut menjaga keselamatan anak-anak yang merupakan prioritas utama dari Mizuiku.

Berdasarkan pernyataan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), kasus COVID-19 pada anak per Februari 2022 lalu telah meningkat 10 kali lipat dari Januari 2022. Menimbang keselamatan anak-anak, sejak pandemi melanda, Mizuiku terus menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran daring untuk melindungi anak-anak dari bahaya COVID-19. Sebelumnya, SGB juga telah menyediakan modul Mizuiku dalam format video dan meluncurkan MizuAdventure, aplikasi permainan edukasi lingkungan, yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore dan App Store.

###

Silakan kunjungi situs resmi Suntory Garuda Beverage pada tautan berikut untuk informasi lebih lanjut: www.suntorygaruda.com/mizuiku

Tentang Suntory Group (Jepang)

Suntory Group adalah salah satu perusahaan produk konsumen terkemuka di dunia, yang menawarkan portofolio beragam produk minuman dalam kemasan, mulai minuman teh, air dalam kemasan, minuman ringan berkarbonasi, kopi siap konsumsi dan minuman penambah energi, serta produk kesehatan dan kebugaran. Suntory adalah produsen minuman ringan Orangina, Lucozade, Ribena, BOSS coffee, Iyemon green tea, Suntory Tennensui water, TEA+ Oolong Tea, V, BRAND’S, serta produk kesehatan dan kebugaran populer merek Sesamin EX.

Berdiri sebagai bisnis keluarga pada tahun 1899 di Osaka, Jepang, Suntory Group telah berkembang menjadi perusahaan multi-nasional, dengan daerah operasional di seluruh Amerika, Eropa, Asia dan Oseania dengan pendapatan tahunan (tidak termasuk bea cukai) $19.8 milyar pada tahun 2021. Kami didorong oleh semangat Yatte Minahare – semangat untuk maju pantang mundur – dan 40.275 karyawan kami di seluruh dunia memanfaatkan perpaduan unik kearifan lokal Jepang dengan rasa yang diterima masyarakat dunia untuk mengeksplorasi kategori dan pasar produk-produk baru.

Sebagai perusahaan yang mempersembahkan kebaikan air dan alam kepada para pelanggan, kami berkomitmen menjaga keharmonisan dan keseimbangan antara manusia dan alam. Senantiasa menginspirasi untuk Bertumbuh untuk Kebaikan, kami bertekad untuk berkontribusi aktif terhadap masyarakat luas melalui perlindungan sumber air bersih, menjaga keharmonisan komunitas dan mengembangkan seni.

Pelajari lebih lanjut mengenai Grup Suntory, merek, dan komitmen kami untuk tanggung jawab sosial di  www.suntory.com, juga di Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.

Tentang Suntory Beverage and Food (SBF)

Suntory Beverage & Food Ltd (SBF) adalah perusahaan minuman ringan global dengan pendapatan konsolidasi sekitar $11,9 milyar pada tahun 2020. Berkantor pusat di Jepang dan terdaftar di Bursa Efek Tokyo sejak 2013, SBF memperluas bisnisnya dengan beragam portofolio minuman ringan dan platform terintegrasi secara global di lima benua: Jepang, Eropa, Asia, Oceania, dan Amerika. Visi SBF adalah untuk memperkaya pengalaman minum konsumen menjadi lebih alami, sehat, nyaman, dan memuaskan, dengan memimpin revolusi minuman berikutnya.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.suntory.com/softdrink

Tentang Suntory Garuda Beverage (SGB)

Suntory Garuda Beverage (SGB) merupakan salah satu perusahaan minuman ringan paling ternama di Indonesia. Perusahaan induk kami adalah Grup Suntory yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang yang merupakan perusahaan multinasional dan pemimpin industri minuman di dunia. SGB memproduksi beragam produk minuman, mulai dari minuman jelly Okky; teh siap minum Mountea; teh dalam botol MYTEA dan air rasa kebaikan alami - Good Mood. Sejalan dengan filosofi Suntory Group "Mizu To Ikiru" SGB memperluas dan memperkaya program CSR dan Sustainability dengan fokus pada konservasi air, pengolahan sampah plastik dan pengurangan emisi CO2, serta apresiasi sebagai salah satu pemenang pada Indonesia Top CSR Award 2022. Komitmen kami kepada masyarakat mencakup kegiatan pendidikan seperti edutalk di kampus dan kunjungan pabrik, serta bantuan tanggap bencana dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Pada bulan Februari 2019, SGB memulai program “Mizuiku-Aku Cinta Air Bersih” yang mengajarkan generasi muda mengenai pentingnya air bersih dan pelestarian sumber daya air. SGB akan terus berusaha untuk memperkaya kehidupan konsumen dengan mengembangkan produk-produk baru yang inovatif, membagikan nilai-nilai kami, membawa manfaat bagi karyawan dan mitra bisnis kami, serta memberikan kontribusi kepada masyarakat tempat kami melakukan bisnis.

Kontak Media 

Evelyn Indriani

Head of Corporate Relation and Communication

Mobile: +62 812 8984 6200

Email: evelyn.indriani@suntorygaruda.com

communication@suntorygaruda.com