News

Jakarta, Indonesia, 15 Mei 2020 – Mewabahnya Covid-19 di wilayah DKI Jakarta sebagai ibukota negara hingga saat ini tren penyebarannya meningkat. Sementara itu Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah berjalan di Provinsi DKI Jakarta semenjak 10 April 2020. Hal ini berdampak signifikan pada ekonomi. Pemprov DKI Jakarta saat ini sudah melakukan pemberian bantuan sosial kepada lebih dari satu juta KK dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

KSBB merupakan program kolaborasi Pemprov DKI Jakarta yang menempatkan Pemprov DKI Jakarta sebagai penyedia platform bagi inisiatif bantuan kemanusiaan dari Perusahaan atau warga yang sejahtera yang ingin diarahkan ke warga yang kurang beruntung. KSBB akan menyasar kepada keluarga pra-sejahtera yang terdata oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai penerima rutin bantuan sosial.

Suntory Garuda Beverage (SGB) memberikan dukungan produk untuk dibagikan kepada masyarakat dalam paket bantuan sosial Pemerintah melalui empat agregator resmi yang menjalankan Perjanjian Kerja Sama untuk KSBB dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menerima dan melakukan penyaluran bantuan. Agregator dimaksud adalah Aksi Cepat Tanggap (ACT), BAZNAS/BAZIS DKI Jakarta, PMI DKI Jakarta dan Rumah Zakat. Sehari-harinya, keempat agregator tersebut memang memiliki kegiatan inti di bidang sosial dan kemasyarakatan.

SGB juga mendukung Kolaborasi Sosial Skala Besar dengan berkolaborasi dengan Grup Kompas Gramedia, dalam bentuk produk OKKY Flurry. Salah satu grup media terbesar di Indonesia ini kemudian akan mengirimkannya ke sejumlah rumah sakit COVID-19 di Jakarta dan Tangerang. Selain itu, SGB juga mendukung Gerakan Peduli Jurnalis melalui penyediaan produk yang sama, untuk menjangkau jurnalis yang terkena dampak pandemi Covid-19. Bantuan ini diserahkan minggu ini di Sekretariat Peduli Jurnalis di wilayah Jakarta Selatan.

Charles Rossi, Chief Executive Officer, SGB mengatakan, "Jakarta merupakan episentrum dari wabah COVID-19 di Indonesia dan merupakan kota pertama di Indonesia yang melakukan pembatasan fisik dalam segala aspek yang berdampak pada melemahnya kegiatan ekonomi yang berdampak pada bertambahnya pengangguran dan turunnya pendapatan masyarakat. Bantuan sosial sangat dibutuhkan. Kami mendukung program Kolaborasi Sosial Berskala Besar yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dimana Perusahaan dapat memberikan dukungan yang akan meringankan kondisi masyarakat melalui platform dengan distribusi dan monitoring yang tepat. Kami juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan jurnalis yang berjuang di garda terdepan untuk menyediakan informasi dan berita yang relevan serta akurat bagi masyarakat.”

Erna, Koordinator KSBB dari PMI DKI Jakarta, mengatakan, “KSBB saat ini sudah mendata lebih dari satu juta KK penerima yang terhimpun di 2686 RW, 69 panti asuhan, 8 panti jompo, 6 panti disabilitas, dan 107 pesantren. Jumlah tersebut terus disempurnakan mengikuti perubahan di lapangan untuk memastikan seluruh bantuan senantiasa diarahkan hanya kepada yang berhak menerima. Bantuan yang diterima oleh agregator yang ditunjuk Pemprov DKI Jakarta akuntabilitas penyalurannya dijamin dengan sistem monitoring yang diterapkan pada tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota. Kami berterima kasih kepada Perusahaan Suntory Garuda atas dukungan produk yang akan kami disalurkan pada minggu keempat di bulan Ramadhan 2020 ini.”

Barnas Kamora, GM Grup Bisnis & Pemasaran Radio Kompas Gramedia berterima kasih kepada SGB karena telah bergerak bersama untuk melawan COVID-19 dengan memberikan dukungan dalam bentuk sumbangan produk minuman kepada tenaga medis yang berjuang di garis depan dalam memerangi virus COVID-19. Sejak wabah virus ini di Indonesia, Grup Kompas Gramedia telah meluncurkan sejumlah inisiatif dengan bekerja sama dengan Perusahaan untuk memberikan bantuan kepada sejumlah tim medis.

Setelah sebelumnya berkolaborasi dengan IDI JDN untuk memberikan bantuan APD ke lebih dari 22 RS di 12 kota di Indonesia, SGB juga memberikan dukungan produk ke sejumlah yayasan yang memiliki fokus pada kesejahteraan anak-anak, khususnya yang terdampak COVID-19. Hal ini sejalan dengan nilai Perusahaan untuk senantiasa memberikan kontribusi baik kepada masyarakat.

###

Tentang Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB)

Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) merupakan gerakan membantu sesama dari masyarakat untuk masyarakat Di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan menghubungkan masyarakat pemberi dan penerima bantuanKSBB dibentuk berdasarkan keyakinan bahwa masyarakat Jakarta memiliki semangat kesetiakawanan dan kebersamaan yang sangat kuat, meski sedang dalam masa PSBB.

Dengan demikian, Pemprov DKI Jakarta menggagas konsep Kolaborasi Sosial Berskala Besar untuk memfasilitasi semangat bahu membahu masyarakat di Jakarta. Penerima bantuan KSBB diprioritaskan terhadap: RW, Yayasan Yatim Piatu, Pesantren, Panti Jompo , Panti Disabilitas, dan lokasi prioritas lainnya.

Pemprov DKI Jakarta memposisikan diri sebagai penyedia platform bagi donatur dan penerima bantuan. Dengan demikian, peran utama Pemprov DKI Jakarta adalah mempersiapkan data warga yang layak menerima bantuan dan mempertemukannya kepada donatur yang ingin berkontribusi melalui platform KSBB.

KSBB memiliki sasaran yang tepat dimana pengelolaan KSBB dalam pemantauan Pemprov DKI Jakarta menggunakan satu data sehingga bantuan dapat diupayakan agar tersebar dengan lebih merata sekaligus meminimalisasi adanya tumpang tindih pada penyaluran bantuan. KSBB juga memiliki kredibilitas yang dijaga dengan adanya mekanisme pelaporan bantuan yang diterima oleh warga sebagai bentuk transparansi pemerintahan

Kerjasama dilakukan kepada agregator yang merupakan mitra Pemprov DKI Jakarta dalam menyalurkan bantuan dari masyarakat yang berbadan hukum dan merupakan Pengumpul Dana Sosial Berizin (ACT, BAZNAS DKI, PMI, dan Rumah Zakat).

Tentang Suntory Group (Jepang)

Sebagai pemimpin global dalam industri minuman, Suntory Group adalah salah satu perusahaan produk konsumen terkemuka di dunia. Suntory Group menawarkan portofolio beragam produk minuman yang unik dari teh, air kemasan, minuman ringan berkarbonasi, kopi siap minum dan minuman penambah energi, serta beragam produk suplemen kesehatan. Suntory adalah produsen Yamazaki, Hibiki and Hakushu, The Premium Malt's, dan ikon klasik Amerika Jim Beam dan Maker's Mark hingga minuman ringan Orangina, Lucozade, Ribena, TEA plus, BOSS coffee, Iyemon green tea, dan Suntory Tennensui water. 

Berdiri sebagai bisnis keluarga pada tahun 1899 di Osaka, Jepang, Suntory Group telah berkembang menjadi perusahaan multi-nasional, dengan daerah operasional di seluruh Amerika, Eropa, Asia dan Oseania dengan pendapatan tahunan (tidak termasuk bea cukai) $21 miliar pada tahun 2019. Kami didorong oleh semangat Yatte Minahare – semangat untuk maju pantang mundur – dan 40,210 karyawan kami di seluruh dunia memanfaatkan perpaduan unik kearifan lokal Jepang dengan rasa yang diterima masyarakat dunia untuk mengeksplorasi kategori dan pasar produk-produk baru.

Sebagai perusahaan yang mempersembahkan kebaikan air dan alam kepada para pelanggan, kami berkomitmen menjaga keharmonisan dan keseimbangan antara manusia dan alam. Senantiasa menginspirasi untuk Bertumbuh untuk Kebaikan, kami bertekad untuk berkontribusi aktif terhadap masyarakat luas melalui perlindungan sumber air bersih, menjaga keharmonisan komunitas dan mengembangkan seni.

Silakan kunjungi website dan aset media sosial kami untuk mendapatkan informasi tentang Suntory Group, merek terkait dan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan di www.suntory.com, Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.


Tentang Suntory Beverage and Food (SBF)

Suntory Beverage & Food Ltd (SBF) adalah perusahaan minuman ringan global dengan pendapatan konsolidasi sekitar $11,9 milyar pada tahun 2019. Berkantor pusat di Jepang dan terdaftar di Bursa Efek Tokyo sejak 2013, SBF memperluas bisnisnya dengan beragam portofolio minuman ringan dan platform terintegrasi secara global di lima benua: Jepang, Eropa, Asia, Oceania, dan Amerika. Visi SBF adalah untuk memperkaya pengalaman minum konsumen menjadi lebih alami, sehat, nyaman, dan memuaskan, dengan memimpin revolusi minuman berikutnya.

SBF adalah perusahaan inti dari Suntory Group, yang didirikan pada tahun 1899 dengan pendapatan konsolidasi sekitar $2,5 milyar pada 2019. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi http://www.suntory.com/softdrink/index.html 

Tentang Suntory Garuda Beverage

Suntory Garuda Beverage (SGB) didirikan sebagai joint venture strategis pada tahun 2011 antara Suntory di Jepang dan Garuda Food di Indonesia. SGB menawarkan beragam portofolio minuman, mulai dari minuman jelly OKKY; teh siap minum Mountea; teh botol MYTEA dan air rasa kebaikan alami - Good Mood. Sejalan dengan filosofi Suntory Group "Mizu To Ikiru" SGB memperluas dan memperkaya program CSR dan Sustainability, dengan fokus pada tiga bidang: sosial, lingkungan dan tata kelola. Komitmen kami kepada masyarakat mencakup kegiatan pendidikan seperti talkshow di kampus dan kunjungan pabrik serta bantuan tanggap bencana dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Pada bulan Februari 2019, SGB memulai program Suntory "Mizuiku" yang mengajarkan generasi muda mengenai pentingnya air bersih dan pelestarian sumber daya air. SGB akan terus berusaha untuk memperkaya kehidupan konsumen dengan mengembangkan produk-produk baru yang inovatif, membagikan nilai-nilai kami, membawa manfaat bagi karyawan dan mitra bisnis kami,serta memberikan kontribusi kepada masyarakat tempat kami melakukan bisnis.

SGB saat ini mengoperasikan 8 pabrik yang beroperasi di Tangerang, Gunung Putri, Pati, Sidoarjo, Lampung, Pekanbaru, Gowa dan Banjarbaru.

Kontak Media

Evelyn Indriani

Head of Corporate Relation and Communication

Mobile: +62 812 8984 6200

Email: evelyn.indriani@suntorygaruda.com 

communication@suntorygaruda.com